IPB pilih Rektor

Setelah melakukan perkenalan, sosialisasi, dan debat, akhirnya pada 31 Oktober 2012, 9 bakal calon rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) dipilih untuk kemudian dikerucutkan menjadi 6 calon rektor. Pemilihan rektor periode 2012-2017 ini dilakukan di empat kampus IPB, yaitu kampus IPB Dramaga, Gunung Gede, Baranangsiang, dan Cilibende. Partisipan yang terdiri dari mahasiswa dan tenaga pendidik IPB diberi kesempatan untuk menggunakan hak suaranya mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB selama tanggal 31 Oktober tersebut.

Wulandari, salah seorang mahasiswa IPB yang turut menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan rektor tersebut mengaku tidak terlalu mengenal para bakal calon rektor yang maju. Satu-satunya yang dikenal dan tidak asing namanya adalah bapak Herry Soehardiyanto (inkumben) yang menjabat sebagai rektor sebelumnya. Namun demikian Wulandari berharap siapapun yang nanti menjadi rektor, akan membawa IPB lebih baik dan menjadi yang terbaik. “Saya ngga ada yang kenal kecuali pak Herry, rektor yang kemaren, tapi semoga IPB dapet rektor yang terbaik deh”.

Perlu diketahui, sosialisasi bakal calon rektor sudah dilakukan oleh pihak IPB dengan beragam cara. Pamflet, baliho, dan brosur telah disebar. Bahkan juga dilakukan pemutaran video 9 bakal calon tersebut di masing-masing fakultas, namun masih banyak mahasiswa yang mengaku masih tidak mengenal dan tidak mengetahui siapa yang akan dipilihnya saat pemilihan rektor. Hingga hari pemilihan tiba, mahasiswa terlihat masih bingung memutuskan siapa bakal yang akan dipilih. Terlihat setiap kali hendak masuk TPS, para mahasiswa berhenti sejenak berkerumun melihat dan membaca pamflet profil bakal calon yang ditempel tidak jauh dari TPS. Para mahasiswa (khususnya mahasiswa IPB kampus Dramaga) mengaku tidak up date acara sosialisasi yang diselenggarakan pihak IPB karena bertepatan dengan Ujian Tengah Semester (UTS). “Kita ngga ikut acara sosialisasi, UTS soalnya. Tapi kita update twitter kok”.

 

Hingga saat ini, panitia pemilihan rektor masih melakukan penghitungan suara bakal calon rektor pilihan partisipan IPB. Sesuai rencana, 9 bakal calon dengan perolehan suara terbanyak akan dikerucutkan menjadi 6 calon untuk ditempatkan di kursi pemangku kepentingan internal IPB dan 1 calon ditetapkan sebagai rektor. (KOM/PNF)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: