Pariwisata Berbasis Pertanian

Peta Agroedutourism IPB

Sudah sejak lama kampus IPB yang terletak di daerah Dramaga, Kabupaten Bogor menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar untuk melepas penat selama sepekan beraktivitas. Sebagai kampus pertanian, IPB memang memiliki berbagai macam hayati yang tersebar di berbagai sudut kampus. Dengan ditunjang luas kampus 320 hektar dan kondisinya yang masih asri, tidak dapat dipungkiri jika IPB memiliki pesona yang indah dan menjadi daya tarik bagi dunia pariwisata. Sangat disayangkan sekali jika semua potensi tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal.

Selain untuk penelitian dan penangkaran, berbagai macam spesies hewan dan tumbuhan yang menjadi koleksi di IPB ini sangat cocok dijadikan pariwisata yang berbasis pertanian apabila dikelola dengan baik. Tidak heran apabila IPB memiliki program bernama Agroedutourism yang merupakan gabungan dariagro yang artinya pertanian, edu yang artinya pendidikan, dan tourism yang artinya wisata. Jadi kurang lebih Agroedutourism dapat diartikan sebagai rekreasi sambil belajar bertani. Mungkin terdengar agak aneh karena kampus merupakan salah satu tempat kuliah, praktikum, berorganisasi, mengerjakan tugas dan lain-lain tetapi IPB memberikan pengertian yang berbeda soal kampus. Kampus tidak semata-mata hanya dijadikan tempat kuliah tetapi juga sebagai tempat rekreasi yang dapat menghilangkan penat.

IPB telah merancang hal ini sejak tahun 2005. Agroedutourism memiliki lebih dari 20 lokasi yang dapat dijadikan tempat berpetualang dan belajar. Kebanyakan yang berkunjung di agroedutourism IPB ini adalah siswa sekolah mulai dari TK, SD, sampai SMA. Agroedutourism dapat dijadikan wadah rekreasi sambil belajar tentang pertanian, cocok untuk lokasi study tourouting class, dan kegiatan edukasi siswa lainnya. Kita bisa belajar dan bermain di kebun untuk bercocok tanam atau melihat koleksi tanaman pertanian, mengenal alat pertanian, menonton video serangga dan ikan, bermain dengan kuda, sapi, unggas, bermain di hutan dan danau. Kita juga dapat mengunjungi dan mempelajari peralatan laboratorium, kultur jaringan, pengolahan susu, atau melihat proses kimia, dan sebagainya. (KOM/RAF)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: