Penerangan Candi Borobudur Gunakan Tenaga Surya

Candi Borobudur

Setelah dinobatkan sebagai Candi Budha terbesar di dunia oleh Guinness World Records di London, Inggris pada 27 Juni 2012 kemarin. Kini Candi Borobudur mulai berbenah dan mempercantik diri salah satunya yaitu dengan pemasangan sistem penerangan tenaga surya oleh para aktivis Greenpeace sebagai kampanye terhadap penggunaan sumber energi terbarukan. Greenpeace menyinari Borobudur untuk memberikan pencerahan bagi Indonesia tentang visinya mengenai energi yang bersih dan aman untuk masa depan. Greenpeace pun mulai mendesak pemerintah agar dapat bekerja sama dalam hal energi terbarukan demi masa depan yang lebih baik.

Menurut Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia, Arif Friyanto, pemerintah sudah saatnya beralih kepada energi terbarukan, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari bahaya lingkungan dan kesehatan karena polusi batu bara, melainkan juga sebagai bagian dari upaya untuk mencegah dampak perubahan iklim menjadi lebih buruk. Ia juga menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia agar ikut menjadi bagian solusi dan bergabung dengan pergerakan ini dengan mengunjungi ‘Climate Rescue Station’ di Borobudur atau kunjungi website kami.

Borobudur merupakan candi Buddha terbesar yang dibangun pada abad ke-9. Borobudur merupakan kawasan wisata yang menarik bagi para turis dan dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Dibangun sebagai sebuah kuil, Borobudur mengajarkan tema-tema penderitaan manusia, reinkarnasi, dan pencerahan. Simbol itu adalah untuk pencerahan tidak hanya di Indonesia, tetapi untuk orang di seluruh dunia. Greenpeace memberi sistem penerangan tenaga surya di sekitar kompleks candi untuk menunjukkan energi terbarukan yang tidak hanya mungkin, tetapi menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan posisi garis khatulistiwa yang strategis maka sumber energi panas matahari melimpah ruah sepanjang tahun. Namun sayangnya, belum dimanfaatkan secara optimal untuk memasok kebutuhan energi sehari-hari. (KOM/RAF) sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: