Cintai Lingkungan Pesisir bersama INDEX 2012

Indonesian Ecology Expo merupakan salah satu acara terbesar dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (BEM FEMA IPB) yang diadakan rutin setiap tahunnya. Tahun ini merupakan tahun ke-5 diselenggarakannya INDEX. Ada tiga rangkaian acara atau kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia INDEX 2012 yaitu perlombaan, real action, dan acara puncak. Perlombaan yang dilaksanakan terdiri dari tiga kategori, yaitu Creption (Creative Ecologycal Product Competition), Edici (Ecobag Desain Competition), dan Inpact (Index Paper Competition).

Real action telah dilaksanakan dua kali di tempat yang berbeda, yaitu di Kamal Muara dengan tema “INDEX Cinta Pendidikan dan Kesehatan” serta di Pekalongan dengan tema “Satu Mangrove Sejuta Harapan” yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kelautan dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Acara puncak INDEX sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2012 dengan tema INDEX “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir untuk Mewujudkan Kehidupan yang Berkualitas”. Acara puncak ini diisi dengan seminar nasional dan juga pameran Expo yang betema “Ekologi Manusia dalam Harmoni Lingkungan Pesisir”.

Seminar nasional yang diadakan terdiri dari dua sesi. Sesi pertama menghadirkan dua pembicara, yaitu Dr. Sudirman Saad. SH, M.Hum (Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil ) dan Dr. Ir. Soerya Adi Wibowo, M.Si. (Dosen Ekologi Manusia FEMA IPB) yang dimoderatori oleh Prabu Revolusi. Tema seminar sesi 1 ini adalah “Realitas Peranan Pemerintah dan Akademisi dalam Memastikan Kelangsungan Sumberdaya dan Kelestarian Pesisir”. Acara INDEX kali ini juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI yaitu Sharif C. Sutardjo yang menjadi keynote speaker dan memberikan sedikit sambutan mengenai Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Menuju Kehidupan Berkualitas dalam Kerangka Blue Economy. Sebelumnya juga rektor IPB Prof.Dr.Ir.Herry Suhardiyanto, M.Sc. telah memberikan sambutannya pada acara ini.

Untuk seminar sesi 2, pembicara yang hadir adalah Dr. Ir. Toni Ruchimat, M.Sc (Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan) serta Ir. Adi Surya (Wakil Direktur Green Save Indonesia) yang dimoderatori oleh Andromeda Mercury. Tema untuk seminar sesi 2 ini adalah “Satu Tindakan Wujud Kepedulian Lingkungan Pesisir”. Selain itu, ada juga sesi Company profile dari WWF. Tidak lupa INDEX kali ini juga menghadirkan bintang tamu yang sekaligus dapat memberikan ilmu kepada para peserta. Untuk tahun ini, INDEX mengundang Adie MS sebagai pembicara dalam talkshow inspiratif  bersama Dekan FEMA yaitu Dr. Arif Satria SP M.Si. Para peserta yang tidak hanya berasal dari Bogor terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara puncak INDEX 2012 dari awal hingga akhir karena selain mendapatkan banyak ilmu baru yang sangat berguna bagi kehidupan, mereka juga banyak mendapatkan hadiah dan hiburan yang telah dikemas secara apik oleh panitia INDEX 2012.  (KOM/ADP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: