Ecosave Electronic

Menghemat pemakaian barang elektronik ternyata tidak hanya dengan menghemat energi pemakaiannya, tetapi bisa juga dari pemilihan produk pada saat awal pembelian. Berikut ini tips bagaimana cara untuk menghemat energi pemakaian barang elektronik yang kita pakai:

Lampu

Pada saat pembelian lampu perlu memperhatikan lumen per watt (lpw), bukan watt nya. Watt adalah daya yang dikonsumsi, sedangkan lpw adalah efisiensinya.

Mesin Cuci

Menurut penelitian mesin cuci dengan pintu depan lebih hemat energi hingga 50-60% dibandingkan mesin cuci dengan pintu bagian atas.  Mesin cuci dengan pintu depan juga lebih hemat air hingga 40-60%, karena kapasitasnya lebih besar dan putarannya lebih cepat.

Air Conditioner

Ketika memilih AC kita harus melihat tingkat efisiensinya atau EER (Energi Effciency Ratio). Carilah AC dengan cooling capacity yang besar tetapi dengan watt yang kecil. EER dengan angka 12 atau lebih artinya AC tersebut hemat energi.

Lemari Es

Lemari es yang modern  memiliki energy hemat dua kali dibanding lemari es yang sudah lebih dari 10 tahun dengan model yang lama. Selain itu ukuran dan kapasitas juga berpengaruh terhadap penghematannya. Biasanya lemari es dengan tiga pintu memiliki watt yang lebih besar. Lemari es yang letak freezer-nya di atas lebih hemat 7-13% dibandingkan freezer samping. Oleh karena itu dalam pemilihan lemari es perlu diperhatikan juga sesuai dengan kebutuhan.

(KOM/NAW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: