Terberdaya Akibat Keterisolasian

Optimalisasi pemanfaatan sumberdaya lokal selalu digaungkan oleh berbagai instansi pemberdaya masyarakat. Tetapi ternyata masyarakat Tlogohendro yang berada di ujung Pekalongan ini, justru sudah menerapkan hal tersebut.

Tlogohendro terletak di kecamatan tertinggi Kabupaten Pekalongan yaitu di Kecamatan Petungkriyono. Jauh di ujung pekalongan tersebut, terdapat masyarakat dengan rasa kekeluargaan yang masih tinggi. Aktiivitas masyarakat yang harus naik turun gunung meningkatkan kebugaran dan kesehatan masyarakat sehingga usia harapan hidup masyarakat juga tinggi. Banyak kakek dan nenek yang masih aktif beraktivitas mulai dari mengolah ladang dan memelihara tanaman di ladang, merumput, mencari kayu bakar, memelihara ternak, maupun membuat anyaman dari bambu. Selain itu, kondisi geografis desa yang cukup terisolasi menyebabkan masyarakat lebih memilih untuk memanfaatkan sumberdaya lokal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Usia tidak menjadi penghalang bagi masyarakat untuk terus berkreasi dengan memanfaatkan sumberdaya lokal. Salah satunya yaitu dengan membuat anyaman bambu yang digunakan untuk kandang ayam dan tempat menjalarnya labu siam. Oleh karena itu, penerapan suatu teori harus disesuaikan lagi dengan kondisi masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi setempat. (KOM/LHY)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: